Thursday, October 26, 2017

Apa itu Facebook Ads?

Apa itu Facebook Ads - Facebook Ads adalah suatu advertising platform yang dimiliki oleh Facebook. Tugas Facebook Ads yaitu menyebarkan konten iklan di timeline para user Facebook.

Contoh iklan Facebook Ads. Perhatikan tulisan “sponsored”.
Contoh iklan Facebook Ads. Perhatikan tulisan “sponsored”.

Untuk memulai Facebook Ads, kita membutuhkan 2 hal yang sangat penting dan krusial. Yaitu hal non-teknis. Dan hal teknis. Pertama, saya akan bahas dulu mengenai hal-hal non-teknis.

Hal-hal Non Teknis (Sebelum Menyimak Tutorial)

1. Kita perlu belajar menemukan manfaat inti dari produk yang ingin Anda jual.

Banyak pemasang iklan/advertisers yang gagal melewati fase ini. Asal jual, asal iklan, tapi lupa, belum mendefinisikan manfaat dari inti produknya, apa manfaat terbesarnya, seberapa baik dan berguna produk Anda, dsb. Ini tataran konsep, tapi amatlah penting.

Ambil contoh Anda menjual Kaos.
-     Apa sih kelebihan dari Kaos yang Anda jual?
-     Kenapa orang harus beli Kaos Anda? Apakah unik? Terbaik?
-     Seberapa penting Kaos Anda harus mereka miliki?

Value anda harus yang jelas, mengkristal, terang, itu akan memudahkan Anda dalam menyusun dan membuat materi-materi iklan yang akan digunakan pada saat Anda terjun ke dalam dunia Facebook Ads.

facebook ads
Lebih dalam mengenai value, kita bisa belajar dari Business Model Canvas yang ditemukan oleh Alex Osterwalder dan Alan Smith. Melalui Business Model Canvas, Anda akan mengetahui dan mengenal bahwa dalam membangun sebuah bisnis, yang pertama Anda harus fokuskan adalah Value.

2.  Anda perlu untuk tahu, siapa yang layak mendapatkan manfaat inti tersebut.

Setelah menemukan/menciptakan value dari produk Anda, maka Anda kita perlu untuk merinci, membuat daftar, siapa kira-kira orang yang akan mengucapkan “terima kasih” jika Anda menyampaikan manfaat tersebut kepada mereka.
  • Umurnya?
  • Jenis kelaminnya?
  • Pekerjaannya?
  • Hobinya?
  • Gadget yang digunakan?
  • Bahasa yang dipakai sehari-hari?
  • Dimana mereka tinggal?
  • dsb.

Semakin Anda mampu mendefinisikan hal-hal diatas, akan semakin mudah proses Anda beriklan. Jika belum yakin, coba anda bua beberapa daftar kira-kira, dan beberapa asumsi-asumsi awal. Ini sangatlah penting. Kenapa? Karena Facebook Ads hanyalah media untuk memperluas jangkauan manfaat dari produk yang Anda miliki, agar bisa dinikmati lebih banyak orang. Nah jika kita sampai salah menentukan target penerima manfaat dari produk kita, tentu produk Anda akan kurang mendapatkan respon. Anda menjual jilbab kepada perempuan, tentu akan lebih terbayang manfaat dan keindahan jilbab itu di benak mereka daripada Anda iklankan kepada pria.

Saya sering melakukan proses ini dengan salah satu Mind Tool yang bernama brainstorming. Untuk market luar negeri, website yang menjadi andalan saya dalam meriset ecommerce adalah sbb :

•    AliExpress
•    Alibaba
•    Amazon
•    Etsy
•    Wish
•    Quora
•    Reddit
Sedangkan untuk market dalam negeri, Anda bisa memanfaatkan website berikut ini :

•    kaskus
•    tokopedia
•    bukalapak

Saya yakin Anda banyak yang menganggap “yah.. itu kan website biasa aja. Apanya sih yang diriset dari situ?”. Jawaban saya 1: TESTIMONIAL. Anda harus belajar dari testimonial mereka semua yang ada disana. Apa yang mereka puji, apa yang mereka keluhkan, apa yang menjadi pertanyaan mereka, bahan diskusi mereka, dan sebagainya. Ini hal penting yang amat sangat sering dilupakan.

3.  Izinkan diri Anda untuk mau belajar hal baru yang lebih rumit: teknis Facebook Ads.

Saya akan memberi tahu ini dari awal : belajar Facebook Ads itu memang simpel, tapi tidak mudah. You can’t use an old map to explore the new world. Berikut ini beberapa gambaran besar dulu yang akan saya jabarkan, sebelum kita memasuki ke bagian faktor teknis dan detail. Paling tidak ada 4 hal yang Anda harus kuasai nantinya :
  • Merencanakan iklan. Apa goal Anda, hasil akhir seperti apa yang ingin anda dicapai, indikator kalau iklan Anda berhasil, dsb.
  • Memasang iklan. Untuk itu nantinya Anda harus memahami secara utuh, apa itu Campaign ➡ Adset ➡ Ads. Ini merupakan struktur peletakan dasar iklan di Facebook Ads.
  • Membaca laporan hasil iklan: Apa itu CPM, CTR, CPC, CTA, WC, VC, ATC, dsb. Ini sangat fundamental. Kalau Anda belajar matematika, Anda akan bertemu kosakata: integral, sudut, bilangan, turunan, perkalian, deret, dsb. Kalau Anda belajar biologi, Anda akan ketemu kosakata: kambium, tunas, pohon, serat, mitokondria, dsb. Nah jika Anda belajar Facebook Ads, ya Anda akan bertemu kosakata itu tadi! Mau tidak mau, suka tidak suka, harus bisa dan mau.
  • Menganalisa hasil iklan. Apakah kondisi iklan Anda masih layak untuk diteruskan ataukah tidak. Apakah ada hasil yang keluar dari perencanaan, apakah malah hasilnya melebihi target, dll. Dari hasil analisa ini nantinya Anda akan tahu, apa yang harus dilakukan di step berikutnya.
Struktur iklan di Facebook Ads
Struktur iklan di Facebook Ads


4.  Jadikanlah diri untuk menjadi pengamat yang jeli layaknya rajawali.





Beriklan di Facebook Ads, adalah pendalaman seni observasi. Anda harus rajin-rajin mengamati iklan orang lain yang ada di timeline Anda, membuat hipotesa sederhana mengapa ada iklan yang mendapatkan respon sangat baik, ada pula yang jelek. Anda juga harus terus mengamati, apa yang sedang tren saat ini, menyelami kehidupan pemirsa Anda, mencoba terlebih dulu produk yang akan Anda jual, melakukan survey market kecil-kecilan, dsb.
Keberhasilan seorang advertisers bukanlah ditentukan dalam course ataupun workshop. Course/workshop/training, hanyalah peletakan dasar-dasar. Sedangkan faktor keberhasilan utama lebih ditentukan dari pengamatan yang detail terhadap pekerjaan yang ia lakukan.


5.  Haramkan diri untuk mengalami distraction.


Jika Anda sudah memutuskan untuk ingin mempelajari Facebook Ads, maka tutup dulu pelajaran lain, sampai Anda menguasai Facebook Ads. Jangan lapar mata, sedikit sedikit lihat screenshit orang lain, tergiur, pindah.

Jika bagi Anda FB Ads sudah diluar kepala, maka silakan mengerjakan yang lain. Saya saja sudah bertahun-tahun, belum juga tamat dalam belajar FB ads. Baru belajar sebentar yang A, sudah ada update B, C, D dan seterusnya. Kita sedang berada di dalam sebuah industri yang paling inovatif abad ini. Bergerak sangat cepat hitungan detik, menit, jam. Sedikit aja meleng, kita sudah ketinggalan jauh.
Generally, these 5 things will save your time, a lot. Paling tidak, Anda sudah memiliki gambaran umum yang jelas terlebih dulu di awal.

Nah di penjabaran diatas apa sudah paham, kalau belum jangan scrol kebawah dulu, scrol ke atas lagi, pahami dan cermati, karena setelah ini saya akan bahas Hal-hal Teknis (Tutorial Menjalankan Facebook Ads).

Untuk Hal-hal teknis akan saya posting di artikel berikutnya, dengan judul " Tutorial Menjalankan Facebook Ads "

This Is The Oldest Page


EmoticonEmoticon